SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT ANTAM Tbk
1. Sekilas Tentang PT Antam Tbk
Antam (Aneka Tambang) merupakan perusahaan pertambangan yang
terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi ekspor.
Melalui wilayah operasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang kaya akan bahan
mineral. Kegiatan Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta
pemasaran dari sumber daya mineral yang dimiliki. Antam memiliki konsumen
jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia. Mengingat luasnya lahan konsesi
pertambangan dan besarnya jumlah cadangan dan sumber daya yang dimiliki, Antam
membentuk beberapa usaha patungan dengan mitra internasional untuk dapat
memanfaatkan cadangan yang ada menjadi tambang yang menghasilkan keuntungan.
Antam (Persero) Tbk, merupakan BUMN dengan kepemilikan saham
65% pemerintah dan 35% publik. Antam berusaha dalam bidang
pertambangan berbagai jenis bahan galian, serta menjalankan usaha di bidang
industri, perdagangan, pengangkutan dan jasa yang berkaitan dengan pertambangan
berbagai jenis bahan galian tersebut. Saat ini pembelian atau penjualan logam
mulia hanya dapat dilakukan langsung di kantor UBPP Logam Mulia dan tidak dapat
dilakukan di Kantor Pusat PT ANTAM (Persero) Tbk, Jl. Letjen TB Simatupang No.
1, Jakarta. Pembelian atau penjualan juga tidak dapat dilakukan secara online
atau melalui pengiriman.
2. Mengenal Sistem Informasi
Pemasaran Yang Digunakan PT Antam, Tbk
1. Proses Bisnis Lintas
Fungsi di PT. Aneka Tambang, Tbk
Bentuk nyata penerapan e-business dari PT Aneka
Tambang, tbk (Antam), dapat dilihat di www.antam.com. Pada Website tersebut
dapat diperoleh berbagai informasi mengenai perusahaan tambang ini. Selain itu,
informasi terbaru perusahaan juga dapat diperoleh melalui Annual
Report atau Laporan Tahunan. Sebagai perusahaan yang bersifat terbuka,
Antam memiliki susunan struktur organisasi yang komplek, memiliki susunan
direksi yang terdiri dari direktur utama dan beberapa direktur seperti direktu
keuangan, direktur operasi, direktur pengembangan, direktur sumber daya
manusia, dan direktur umum dan corporate social responsibility
(CSR). Selain itu, untuk mendukung operasinya, perusahaan ini juga
didukung oleh berbagai divisi dan unit bisnis serta anak perusahaan yang
tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dewan komisaris bersama-sama dengan
komite audit, komite nominasi,remunerasi dan pengembangan SDM, komite manejemen
resiko, komite Goor Corporate Social Responsibility, Lingkungan, dan
Pasca tambang pun berperan untuk mengawasi perusahaan ini. Kompleknya bidang
industri dan banyaknya divisi di Antam ini telah terfasilitasi oleh perusahaan
dengan cara penerapan teknologi informasi yang mengembangkan sistem lintas
fungsi perusahaan. Antam menggunakan sofware tertentu yang memungkinkan antar
bagian perusahaan terhubung satu sama lain sehingga penyebaran informasi dapat
terjadi dengan mudah. Seluruh bagian yang terlibat dalam hal ini memiliki peran
masing-masing dan saling membutuhkan. Proses penemuan lahan tambang baru oleh
Antam dimulai dari adanya dorongan bahwa tambang emas akan habis masa pakainya.
Oleh karena itu, Antam perlu melakukan eksplorasi dan eksploitasi untuk
menemukan lahan tambang potensial yang baru. Kemudian tim research and
development akan segera melaksanakan tugasnya. Tim ini terdiri dari Project
Development Group dan Technology Development. Unit produksi berperan untuk
melaksanakan proses produksi untuk memenuhi persyaratan pelanggan dengan
kompetensi dan jumlah SDM yang sesuai guna memaksimalkan shareholders danstakeholders
value, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan berpartisipasi di dalam upaya
menyejahterakan daerah sekitar operasi perusahaan. Dalam bidang pemasaran
didukung oleh Marketing dan Customer Support. Tim Marketing dan
Customer Support tentu melakukan market test, market research, dan
proses untuk mendapatkan timbal balik dari konsumen.Skema Proses Pengembangan
Produk Baru
Pada PT Antam, Tbk Sebagai sebuah perusahaan terbuka, banyak
pihak yang terlibat dalam pelaksanaan bisnis Antam ini. Tim manajemen Antam
telah menyusun sebuah arsitektur aplikasi perusahaan yang menggambarkan
mengenai kerangka kerja konseptual yang menghubungkan antara proses dan interface dari
aplikasi ebusiness.Kerangka kerja konseptual ini secara sederhana
menggambarkan hubungan antara pemasok (suppliers) dan pelanggan melalui
manajemen rantai pasok (Supply Chain Management), Enterprise Resources
Planing, dan Customer Relationship Management. Kerangka ini juga
menjelaskan hubungan antara pekerja dan mitra kerja melalui Partner
Relationship Management, Knowledge Management.
2. Customer Relationship
Management (CRM) di PT Aneka Tambang, Tbk.
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu
perusahaan untuk memungkinkan perusahaan dapat secara efektif mengelola
hubungan dengan para pelanggan. Aplikasi CRM ini, di Antam dikenal dengan
nama Marketing dan Customer Support. Divisi ini bertugas untuk
menjaga pelanggan dengan menggunakan berbagai sarana interaksi baik lewat
telepon, email, masukan di situs, pemasaran dan sebagainya. Pelanggan Antam
merupakan pelanggan global sehingga dalam Websitenya digunakan Bahasa
Inggris sebagai bahasa internasional untuk memudahkan pelanggan dari berbagai
negara untuk saling berinteraksi. Namun, di Website tersebut juga
tersedia layanan Bahasa Indonesia untuk pelanggan dalam negeri. Di Website tersebut,
informasi mengenai Antam dapat diakses tanpa batas dan mudah. Terdapat beberapa
komponen yang mendukung pelaksanaan di CRM di Antam.
Komponen-komponen yang ada pada gambar diatas dapat
dijelaskan di bawah ini secara singkat :
a. Contact and
Account Management.
Untuk dapat menghubungi dan/atau mendapatkan informasi
mengenai Antam maka dapat dilakukan dengan cara berlangganan News Alert
mailing list,telepon, email, facsimile. Informasi ini dapat dengan mudah
ditemukan diWebsite.
b. Sales
Penjualan produk emas Antam tidak dapat dilakukan langsung
melalui Websitewww.antam.com. Namun jika tertarik untuk membeli produk
emas, maka pembelian dapat dilakukan dengan cara klik www.logammulia.com Logam Mulia
merupakan salah satu Unit Bisnis dari PT Antam (Persero) Tbk, adalah satu-satunya
pemurnian emas dan perak di Indonesia.
c. Marketing and
Fulfillment
Dengan sifat komoditas Antam yang berbasis kontrak jangka
panjang, maka strategi pemasaran Antam bertumpu pada kualitas komoditas yang
diproduksi, pengiriman yang tepat waktu dan cepat tanggap untuk menjaga
kepuasan konsumen. Untuk memastikan strategi pemasaran ini berjalan dengan
baik, khusus untuk pemasaran komoditas bijih nikel, feronikel dan bauksit,
Antam memiliki Satuan Kerja Marketing and Customer Support (MCS).
Antam juga memiliki Kantor Perwakilan di Tokyo, Jepang, guna mendukung
kelancaran komunikasi dan pengiriman produk dengan konsumen di wilayah Asia.
Untuk wilayah Eropa, Antam memiliki perwakilan untuk membantu aspek pengiriman
ke konsumen. Komoditas emas dan perak Antam dijual melalui UBPP Logam Mulia
langsung ke konsumen dalam negeri mengingat penjualan emas dan perak tersebut
lebih banyak dilakukan secara retail dan lebih likuid. Antam juga mengekspor
emas ke Singapura. Aspek pemasaran komoditas emas, perak danjasa pengolahan
logam mulia dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran yang diselenggarakan di
Indonesia. Pemasaran komoditas emas dan perak juga dilakukan dengan memproduksi
koin dinar dan dirham, koin penghargaan korporat serta produkproduk terkait prosesi
pernikahan. Pembayaran untuk produk Antam biasanya dilakukan dengan letter
of creditatau transfer dana secara langsung sebelum pengiriman. Bijih nikel dan
bauksit dikirimkan dengan term FOB, sementara feronikel dengan term CIF.
Pemasaran di Antam selain dilakukan melalui Website juga dengan cara
memanfaatkan media cetak seperti baliho. Pemasaran dengan menggunakan Website ini
juga sangat membantu perusahaan.
d. Customer Service, and
Support
Pada Website Antam, layanan pelanggan hanya
difasilitasi dengan tiga cara: email, telepon, dan fax. Jika ingin mengetahui
informasi lebih lanjut mengenai Antam dapat berlanggananan ke News Alerts.
Selain itu, jika ingin ke kantor Antam, maka pelanggan dapat berkunjung ke
kantor Antam baik yang ada di Jakarta maupun Surabaya. Karena sifat barangnya
yang rentan, maka pembelian atau penjualan juga tidak dapat dilakukan
secara online atau melalui pengiriman.
e. Reteintion and
Loyalty Program
Program retensi dan loyalitas yang diterapkan di PT Aneka
Tambang, tbk ini dengan cara menjalin dan mengelola hubungan jangka panjang
dengan para pelanggannya.
3. Enterprise Resource
Planning di PT Aneka Tambang, Tbk
Sebuah proses lintas bisnis di Antam didorong oleh modul
perangkat lunak yang terintegrasi yang mendukung proses bisnis dasar
perusahaan. Enterprise Resource Planning (ERP) di Antam dilakukan
dengan mendasarkan konsep kerangka kerja.
4. Supply Chain
Management (SCM) di PT Aneka Tambang, Tbk
Terdapat sebuah Divisi Supply Chain Management (SCM)
di PT Aneka Tambang, tbk. Antam menggunakan sistem E-Procurement dalam
rangka meningkatkan hubungan baik dengan para mitra kerja penyedia barang dan
jasa sejak tahun 2009. Sistem ini merupakan bentuk implementasi dari Pedoman
Pengelolaan Rantai Pasokan (Supply Chain Management) Antam, dan telah
terintegrasi ke dalam situs sub menu E-Procurement. Melalui sistem ini,
para mitra kerja penyedia barang dan jasa dapat memperoleh informasi mengenai
petunjuk penggunaan aplikasi ESCM(Electronic Supply Chain Management) Antam
dan melihat pengumuman tender selama tahun berjalan beserta perkembangan
statusnya. Antam berkomitmen memilih mitra kerja penyedia barang dan jasa di
lingkungan Antam dengan prinsip-prinsip praktek usaha yang sah, efisien, dan
wajar, juga secara transparan, objektif, dan jujur, sesuai dengan dokumen
pengadaan dan kebijakan manajemen pengelolaan rantai pasokan yang berlaku.
Antam juga membuat keputusan pembelian berdasarkan faktor-faktor seperti
kualitas barang/ jasa, harga, waktu pengiriman, dan integritas. Komitmen ini
dapat diketahui oleh para mitra kerja penyedia barang dan jasa melalui aplikasi
ESCM pada situs. Para mitra kerja penyedia barang dan jasa harus mematuhi fakta
integritas mitra kerja Antam, dengan membuat pernyataan/janji tentang komitmen
untuk melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang
berlaku dan tidak akan melakukan praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dengan
karyawan Antam atau sesama mitra kerja dalam proses pengadaan barang dan jasa
di lingkungan Antam (Annual Report, 2010). Konsep penerapan sistem ini dapat di
lihat pada gambar di bawah ini :
5. Enterprise Application
Integration (EAI) di PT Aneka Tambang, Tbk
EAI di Antam telah dilakukan oleh sebuah divisi khusus yang
bernama Information and Communication Technology dimana divisi ini
secara menyeluruh membantu menyimpan seluruh data dalam data base baik
itu data yang berasal dari dewan direksi, manajemen, pelanggan, mitra kerja,
unit produksi, distribusi dan sebagainya. Pengumpulan data base tersebut
dilakukan dengan memanfaatkan email, telepon, facsimile, datang langsung. Jika
ada sebuah pesanan datang baik melalui email, telepon, facsimile atau datang
langsung (1), maka informasi ini selanjutnya di kirimkan ke bagian pelayanan
konsumen yang selanjutnya di distribusikan ke berbagai aplikasi dan databases
(2). Jika informasi pemesanan telah divalidasi, data yang relevan
selanjutnya dikirim ke bagian pemesanan (3). Selanjutnya adalah proses
pengembalian pemenuhan dan pengiriman informasi ke sistem pemesanan (4)
dan call center yang membutuhkan informasi mengenai pesanan yang
sedang berjalan (5)
Siklus penerapan sistem ini dapat di lihat seperti tertera
pada gambar di bawa ini :
Gambar Enterprise Application Integration (EAI)
6. Transaction Processing
Systems di PT Aneka Tambang, Tbk
Harga jual emas dan perak pada umumnya didasarkan atas harga
yang ditetapkan oleh London Bullion Market Association pada tanggal
transaksi. Transaksi di Antam tidak hanya transaksi penjualan tambang saja,
namun juga ada transaksi penjualan saham. Perusahaan mencatat transaksi saham
diperoleh kembali dengan menggunakan metode biaya perolehan (cost method).
Setiap individu, termasuk Direktur dan manajemen senior, tidak diperbolehkan
untuk melakukan jual beli saham Perusahaan apabila mereka memiliki informasi
yang dapat mempengaruhi harga saham Perusahaan. Persetujuan dari atasan
masingmasing individu (minimal level manajemen senior) harus diperoleh sebelum
terjadinya transaksi jual beli. Pendapatan dan posisi kas Perusahaan sebagian
besar dalam mata uang dolar Amerika Serikat sedangkan sebagian besar biaya
dalam mata uang Rupiah. Antam melakukan transaksi lindung nilai jika diperlukan
untuk mengantisipasi perubahan nilai tukar kurs mata uang asing.
7. Enterprise
Collaboration Systems (ECS) di PT Aneka Tambang, Tbk
ECS di Antam dilakukan dengan menggunakan alat bantu
elektronik berupa email,web publishing, dan facsimile. Satuan Kerja Corporate
Secretary melalui unitInvestor Relations bertanggungjawab untuk
menciptakan pemahaman terhadap perusahaan secara transparan dan konsisten.
Untuk memfasilitasi komunikasi yang intensif kepada pemegang saham, Antam
menggunakan media elektronik seperti situs dan email (corsec@antam.com) untuk
menyampaikan informasi yang relevan. Pemegang saham yang ingin mendapatkan
informasi Antam secara berkala melalui email, dapat mendaftarkan identitas dan
alamat email pada mailing list pemegang saham melalui situs Antam.
Media komunikasi lain adalah news alert, programadvertising,
conference call, dan investment conference. Situs Antam
merupakan media yang memfasilitasi akses terhadap informasi dan merupakan
bentuk komunikasi elektronik perusahaan dengan para pemangku kepentingan. Antam
terus mengembangkan fungsi situs sebagai sarana komunikasi yang efektif dengan
memaksimalkan setiap fungsi. Antam berusaha menyajikan kebutuhan informasi bagi
pemangku kepentingan yang mencakup informasi mengenai Antam, baik mengenai visi
misi Antam, strategi, produk dan struktur manajemen, kegiatan perusahaan,
kinerja keuangan, tata kelola, rilis media dan laporan, serta informasi bagi
pemegang saham. Media yang melibatkan calendering, tasks and project
management, workflow systems, knowledge management, serta document
sharingyang dilakukan di berbagai situs. Corporate Secretary Antam
memastikan bahwa informasi tersebut telah diungkapkan terlebih dahulu kepada
regulator pasar modal dan secara resmi telah diungkap ke publik sebelum
diungkapkan di situs. Pada situs, juga tersedia Laporan Tahunan, Laporan
Aktivitas Kuartalan, Laporan Bulanan Produksi, pengumuman yang dipublikasikan
di ASX, harga saham di ASX, dan berita lainnya seputar operasi Antam sesuai
ketentuan ASX Listing Rule.Laporan Keuangan yang dipublikasikan secara
kuartalan juga didukung oleh penjelasan dan catatan yang ditujukan untuk
menyediakan informasi yang memadai kepada investor dalam melakukan penilaian
terhadap Antam. Selain melalui situs Antam (www.antam.com), Antam juga
melaporkan hal-hal penting selama tahun 2010 kepada ASX dan BEI untuk
diungkapkan di situs ASX (www.asx.com.au) dan BEI (www.idx.co.id). Antam juga
menyediakan halaman khusus pada situs Antam yang memuat informasi mengenai
kerangka kerja corporate governancedan praktiknya. Halaman Corporate
Governance ini dikelola dan dimutakhirkan secara berkala oleh Corporate
Secretary (Annual Report, 2010).
http://emantw.blogspot.co.id/2015/11/sistem-informasi-pemasaran-pt-antam-tbk.html
Komentar
Posting Komentar